5/03/2006

Bio Vision

Client:Bio Vision Art Director:Iputu Tirtha Copywriter: Iputu Tirtha Photographer: Iputu Tirtha Gajah di Pelupuk Mata Tampak Salah satu yg gw kirim untuk lomba poster Biovision. Headline: mata bukan untuk melihat kesalahan orang lain Body: mata sehat, menjelajah dunia tak terhalang Terinspirasi dari peribahasa 'Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tidak tampak' yg pasti lo dah tau artinya. Maksudnya hal2 yg tidak terlihat, jika mengkonsumsi Biovision akan menjadi terlihat, gitu.. hehehe Kesemuanya adalah ide orisinil gw (tp gw ga tau deh klo ada yg pernah bikin jg) dari art, copy, foto, dan ilustrasi. Thx bgt buat Dami n Antha klo dimuat dlm blog keren lo itu yah, semoga CD gw bisa ngeliat: KALAU ANAK MUDA ITU JUGA MEMPUNYAI OTAK KANAN, walau belum ditunjang umur dan embel2 pengalaman! dari iputz, yang ketika mengetik kalimat terakhir sedikit menyesali tidak lahir duluan PS: komen, kritik n sarannya ya (oya dami blh nge-ad ke YM gw ga? ciputzz@yahoo.com)

8 Comments:

At 10:58 PM, Blogger damisidharta said...

Wah, kok kalo gw gak baca penjelasanlo gw gak ngerti ya print ad ini...

mungkin ada yg salah dari pilihan visual dan copynya...

sayang.. padahal konsepnya menarik..

 
At 2:29 PM, Anonymous Anonymous said...

oya,, semuanya itu ada tujuannya lho :)

 
At 2:30 PM, Anonymous Anonymous said...

oya,, semuanya itu ada tujuannya lho :)

 
At 10:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo begitu, Jelaskan lah Bu!

 
At 11:08 PM, Anonymous Anonymous said...

Hmm... coba deh... sebentar yah...

Pertama,

> Terinspirasi dari peribahasa 'Kuman di seberang lautan tampak, gajah di
pelupuk mata tidak tampak' yg pasti lo dah tau artinya.


lu berasumsi bahwa peribahasa "Gajah di Pelupuk Mata" adalah sangat lazim dan terinternalisasi di benak target-audience (TA) elu.

Sehingga begitu ia digunakan sebagai point of reference dia akan muncul secara top of mind untuk memberikan clue bagi TA akan message yang dicoba disampaikan melalui print-ad ini.

Gue sendiri terus terang hanya dapat sekilas mengingat pernah mendengar peribahasa "gajah dst." ini[1]. Dan bahkan mungkin sebagian pembaca blog ini pun akan mengatakan nggak pernah mendengar peribahasa tersebut. Apalagi memahaminya. Apalagi memaknainya.

Kedua,

> Maksudnya hal2 yg tidak terlihat, jika mengkonsumsi Biovision akan menjadi
terlihat, gitu..


walaupun dengan asumsi gue sangat familiar dengan peribahasa "gajah dst.," dan ditambah dengan copy "mata bukan digunakan untuk melihat kesalahan orang lain," gue (paling nggak secara subyektif pribadi) belum bisa ngeliat bagaimana "jika mengkonsumsi Biovision" maka "hal2 yg tidak terlihat" akan "menjadi terlihat, gitu.."

Kesimpulannya sih, secara sekilas gue merasa bahwa message-lu masih terlalu two-step aka. masih diperlukan lebih dari dua langkah penalaran agar TA bisa memahami pesan lu. Solusinya tentunya adalah bagaimana caranya mengubah iklan ini (bisa visualnya, bisa copynya, bisa konsepnya secara utuh) sehingga lebih direct. Dikit. Tentunya juga jangan terlalu direct karena akan kehilangan keunikannya.

Great concept. Just needs a teeny-weeny extra nudge.

---

[1]walaupun setelah membaca kata-katanya secara penuh: "Kuman di seberang lautan tampak, gajah dipelupuk mata tidak tampak," gue ngerti bahwa maksudnya adalah menggambarkan perhatian berlebih yang diberikan kepada sebuah masalah kecil yang jauh dari keseharian, jauh melebihi perhatian akan masalah besar yang sedang menghadapi secara langsung.

 
At 7:30 PM, Anonymous Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. Cisco router 6040 6240 http://www.credit-card-7.info/Best_bank_credit_card.html hartford insurance school Total visa credit card debt consolidation Carousel toyota Forex+live+rate coloured toric contact lens reviews alaskan cruises 128 mazda Robert downey jr gay http://www.air-tran-credit-card.info/Mastercard-commerical.html Reviews for kia sorento 2006 Hair loss specific treatment discount buy concerta

 
At 2:42 PM, Anonymous Anonymous said...

Keep up the good work http://www.lexus-330.info/Toyota.html toyota truck parts racing How to use a webcam for surveillance Req craps online Old cadillac cars for sale old baseball pics Animated zoloft blob Radar detector canada laws

 
At 7:27 AM, Anonymous Anonymous said...

Excellent, love it! order tramadol Pants mpg sex personal website Pill contol yasmin birth Allergy symptom tomato Free mature photo gallery Taking lamictal and topamax

 

Post a Comment

<< Home