5/30/2006

M. Sauki Basya

Ini poster untuk mempromosikan bedah buku terbitan Graha Ilmu dengan judul: Kekuasaan Presiden RI dalam periode berlakunya UUD'45. Visual menggunakan salah satu lukisan Rembrant, namun keenam wajahnya diganti dengan wajah Presiden RI (dengan segala hormat pada Rembrant & Presiden2 RI tentunya). Kebetulan konteks lukisannya memang sebuah adegan dalam parlemen dan jumlah orangnya juga 6. Bermain-main dengan simbol Linux dan Logo Apple....dan mlesetin tagline Apple: Taste different. Untuk hari AIDS kemarin. Copy based aja. Bisa diaplikasikan ke berbagai media. Murah, meriah dan sederhana deh, pokoknya pesannya nyampe. Ini adalah tugas kuliah Diskomvis tahun lalu. Bermain-main dari tagline (atau headline) Lion Air "Love is in the air". Semoga berkenan... Demikian tadi beberapa karya saya yang semoga layak dan enak ditonton. Kalo wagu (ngga' bagus)...maap ya, soalnya masih amatiran. Maka dari itu, saya mohon temen2 untuk memberikan komentarnya, biar saya jadi lebih enggak amatiran. Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk melihat, menyimak, dan menghayati karya2 saya yang sederhana ini. M. Sauki Basya Diskomvis ISI Yogyakarta

14 Comments:

At 4:18 PM, Anonymous Anonymous said...

Amatiran bgt seh! Bener dah, pembuatnya aja ngakuin klo amatiran. Belajar yg rajin lagi ya...

 
At 9:34 PM, Blogger an.antha said...

wah comment di atas itu comment terpedas yg gw prnh baca di blog ini...pake cm satu kata: "Amatiran!"...wuih, gpp Sauki, klo gw boleh gw kutip dari buku sakti para Copywriter, "Hey Whipple, Squeeze This!", orang iklan terkreatif di jagat raya pun awalnya bikin iklannya jelek mampus...so, semangat!

 
At 10:14 PM, Anonymous Anonymous said...

iya bener tu, kalo nyela jg banget2, kasian. jujur aja sauki, menurut gw iklan2 lo sebenarnya dah udah lumayan. hmm...tp masih agak kurang ngigit.

 
At 4:01 AM, Blogger damisidharta said...

Hahaha... kalo berani ngasih kritikan pedes kaya gitu harusnya berani ngasih nama juga dong.. :)

 
At 9:41 AM, Blogger tjhinn said...

maaf, bukannya mau lancang .. tapi .. kalo kritiknya cuman "Amatiran bgt seh!" itu emang bisa membantunya gimana? koq kayanya kritiknya itu lho yang "amatiran"!?

coba donk kalo menurut kamu2 ada yang kurang, di iklan yang mana .. kurangnya apa .. kenapa gitu .. apa copynya gak kena? apa grafiknya gak kena?

gw sih kommen aja .. yang Linux+Apple itu .. menurut gw sih bagus .. mengena .. pas gitu lho .. untuk mempromosikan kombinasi Linux dengan Apple gitu ..kalo yang Lion Air menurut gw juga bagus .. pas koq ..

nah tentu apa yg gw pikirkan itu belum tentu benar .. tapi daripada ngasih komen yang cuman "Amatiran bgt seh!" mari kita coba dong, kasih komen yang lebih membangun gitu ..

udah lumayan? apanya yang sudah lumayan .. kan ada 4 iklan tuh di sana .. kurang ngigit? apanya yang kurang ngigit? grafiknya? copynya? temanya? yang mana? yang LionAir? yang Bedah Buku?

kasih kritik pedas itu boleh2 aja tapi jangan kasih kritik gak ada artinya ..

 
At 10:27 AM, Anonymous Anonymous said...

Sauki...!!!
Majo teros pantang mondor!

 
At 11:45 PM, Anonymous Anonymous said...

cuma mau kasih masukan aja..
Gw rasanya pernah liat poster yang pertama, bener - bener mirip. Tapi ruangan ama tempatnya beda. Mungkin liat di majalah concept, tapi gw lupa edisi berapa ^^
Yang apple linux itu gw suka..
Terus kalo yang lion air itu bagus tapi menurut gw koq rasanya terlalu menelan mentah - mentah taglinenya.Mungkin bisa diganti simbol lain..love kan g selalu disimbolin hati ^^ ya, ini pendapat gw sich, g tau pendapat yang lain gmn ^^
oh ya, buat masukan yang 'Amatiran':
semua org pasti berangkat dari amatir. Para CDpun gw yakin begitu juga..Kalo g ada amatir,yang prof g bakalan ada ^^ Jadi jangan comment gitu donk, g enak dibaca n di denger ^^

 
At 2:07 AM, Blogger damisidharta said...

Hahaha... Mulai asik nih diskusinya.. gw suka banget... Kadang dibutuhkan tokoh "penjahat" dalam suatu cerita biar kita bisa tau ada permasalahan...

Selama ini diskusi kita datar2 ajah... basi! Gw sangat gak keberatan kalo ada kritikan pedes, sepedes apapun. Tapi ya bener kata nikolas saputra: Harus membangun!!

Sengaja gak gw batesin yg bisa ngasih komen biar komentarnya lebih kaya...

Well, apresiasi orang itu beda2.. Jadi harus kuat mental dan jangan gampang terintimidasi, OK!!

Tetap Semangat!!!

 
At 5:25 PM, Anonymous Anonymous said...

Wah...komentarnya seru2. Saya gak keberatan kok kalo di comment pedes, dah biasa kok. Oya, yg lion air itu untuk edisi valentine,makanya pake simbol love. Kalo ada kesamaan dg poster saya yg bedah buku,saya benar2 blm pernah liat. Itu saya buat utk lomba poster penerbit buku se-jogja kemarin.

 
At 1:34 PM, Anonymous Anonymous said...

Dam kasih komentar donk...

 
At 6:40 PM, Blogger damisidharta said...

Mau komentar gw? Well, OK!

1. Yg poster Rembrant: Menurut gw sih cuma sekedar kosmetik. Gak ada idenya. Cuma pamer skill Adult Photoshop doang... hehehehe.. no offense boss!

2. Yg Linux & Mac: Ini buat apaan? iklan apa iseng2 maenan logo doang? Soalnya gw gak liat ada tujuan dari benda ini. Pun kalau dia sebagai iklan, iklannya siapa? pesannya apa? Gak keliatan Boss... :)

3. Be Afraids: Yg ini sebenernya bagus, tapi gak di selesein. Bagus buat headline atau tagline, tapi gak bisa berdiri sendiri, coba lo tampilin medianya apaan, misalnya jadi sticker ambient yg ditempel di spot2 yang kontekstual.

4. Love is in the air: Bisa diclaim sama siapapun. Brand radio, parfum, dll. Nah punya lo cuma sekedar ngambil phrase ini doang tapi gak ada promise dan actionnya... Menurut gw, ini adalah komunikasi tanpa pesan...


well, itu komentar gw... Tapi mungkin gw bisa salah... :)

 
At 7:30 AM, Anonymous Anonymous said...

Very nice site! Womens nike running Tramadol 240 used pdas or refurbished pdas ottawa turbidity meter + pda South park animated sex clips nude daily teens blackberry rim 950 latinas pda phone 26 cell phone plans Anal sexi teen College park tennis 2004 kia spectra Audi warrenties super sex manga

 
At 1:09 PM, Anonymous Anonymous said...

M. Sauki Basya..
saya udah kenal kamu sejak SMA..
Kayaknya yang dulu kamu sebut sebagai bakatmu itu belom muncul2 jg, tapi maju terus friend..

 
At 3:07 AM, Anonymous Anonymous said...

1. PSA BEDAH BUKU

Bwt gw, art-nya asyik n entertaining. Cuman menurut gw jenis tulisannya gak asyik bro! Cuman standar gitu aja. Kyknya pemilihan font atau size tulisan hrs diubah deh biar sesuai sama art-nya yg udah eye catching. Fontnya bisa apa aja asal mengandung unsur2 klasik gitu biar pas sama gambarnya.

2. PSA LINUX

Asyik sih. Cuman gw yakin kalo org2 pasti byk yg nggak ngeh liat lihat iklan ini. Coz jujur aja deh, gak semua orang kita tahu Linux, Apple, apalagi logonya kan? So menurut gw di pojok kanan bawah perlu dicantumin tulisan Linux deh. Dikasih gambar laptop mini juga oke. Gak mengurangi esensinya kok.

3. PSA BE AFRAIDS

Gw no comment deh. Asyik bgt! Pesennya simple n yg penting nyampe. ILM kyk gini nih yg menurut aq hrs dibanyakin. Coz ILM kan intinya nyampein pesan (baca: copy based). So, kalo artnya lebih dahsyat dari copynya bisa2 org gak baca pesen tp cuman liat gambarnya aja. Cuman sedikit tambahan aja. biar kesan aids lebih serem, lebih baik kalo warna merah pada fontnya dibuat agak mirip2 darah yg menetes2 gitu. biar kesan seremnya lebih kuat aja.

4. PSA LION AIR

asyik bgt bro. iklannya keren, simpel, eye catching, n yg terpenting, pesennya nyampe! gw suka bgt print ad yg kyk gini. sedikiiit bgt yg ngganggu gw adalah warna dasarnya. knp harus putih polos? coba kalo diganti warna biru toska yg lembut bgt, pasti lebih oke coz lbh mempertegas kesan "terbang di langit". atau kasih backround langit sunnguhan dgn awan2 halus juga oke. intinya masih "love is in the air" kan?

 

Post a Comment

<< Home