5/19/2006

PSA: Kekerasan pada Anak

Artdirector: Eka Presetya Copywriter: Eka Presetya Photo: Corbis konsep dasarnya... menurut pendapat saya kekerasan pada anak itu tidak hanya dari kekerasan fisik saja melainkan kekerasan secara mental dapat mengakibatkan luka batin yang akan membekas bagi si -anak sampai masa depannya.. kekerasan mental ini dapat terjadi akibat kurang baiknya komunikasi antara orang tua dan anak di dalam keluarga, bahkan pada proses pembelajaran yang diberikan oleh orang tua, walaupun tujuan dan maksud dari si -orang tuanya baik. namun jika tidak tersampaikan secara tepat.. dapat memicu kesalahpahaman bagi si -anak.. serta banyak sekali orang tua yang memaksakan keinginannya atau obsesinya kepada si anak tanpa mau mendengarkan kenginan si-anak. saya mengambil contoh kasus kecil sehari-hari bagi kita, potong rambut. jika si anak tidak mengerti mengapa rambut harus di potong dan kekurang mampuan si orang tua untuk menjelaskan maka.. yang dirasakan oleh sang anak adalah.. orang tuanya memaksakan kehendaknya untuk memotong rambut si - anak tersebut... Head copy-nya "Jangan paksakan keinginan Anda kepadanya!" kalimat ini saya ambil dari sudut pandang si anak.. maksudnya bahwa tidak semua orang tua mengerti keinginan si - anak. Body copy-nya "Setiap anak yang dilahirkan memiliki hak untuk memilih masa depannya. Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing agar ia mencapai cita-citanya" kalimat ini bersifat saran kepada orang tua untuk mencoba lebih mengetahui keinginan anaknya. Gambar yang saya pinjam dari corbis.com ini kebetulan saja pas.. hehehe.. dengan konsep saya.. kalo logo Unicef saya gunakan sebagai identitas penyampai pesan... karya saya ini merupakan proses belajar untuk lebih berkomunikasi pada karya saya, pastinya banyak kekurangan.. saya sangat mengharapkan kritik dan sarannya. terima kasih... eka parsetya

16 Comments:

At 3:45 PM, Anonymous Anonymous said...

ini karya pasti dapat gambarnya dulu baru ngasih konsep yah??
pola pikir terbalik.

Menurut gua ga semua anak kok pas gunting rambut nangisnya gara-gara dipaksa nyokap/bokapnya gunting.
bisa aja dia takut gara2 kupingnya kegunting atau yang gunting mukanya serem. so???

menurut gua jujur aja. idenya masih biasa aja dan semua orang mungkin bisa bikin ide kaya gini. ide kaya gini masih bisa digali lebih jauh lagi.

tetap semangat yah.

 
At 5:55 PM, Anonymous william said...

hmmm....anonymous kayanya hidup di lingkungan keluarga yang cukup baik ya :)
...memang ide ini aga tampak biasa, mungkin penggalian idenya kurang dalam ya...soalnya kasus yang diambil "gunting rambut" mungkin kurang umum dan dianggap sepele..coba bikin seriannya aja supaya bisa menjangkau lebih luas...kan kasus pemaksaan bukan masalah gunting aja, ada juga tuh bonyok yang pengen anak SD nya jadi insinyur dengan menjejali anaknya les pemaksaan aritmatika/math tambahan setelah pulang skul, bonyok yang suka maen kekerasan (pukul rotan atou makimaki) kalo anak kecilnya melakukan kesalahan,dsb..tapi kalo buat gw pribadi....iklan ini ci menyentuh gw....mengingat kasus kaya gt sering gw alami dulu..mungkin ampe sekarang kalo gw ga punya karakter sedikit pemberontak...btw, menurut pengalaman gw sebagai anak kecil dan pengamatan lingkungan secara psikologis...anak kecil yang tinggal d lingkungan kota punya ego yang cukup besar soal penampilan...dari mulai pakaian apalagi soal rambut yang notabene nempel terus di kepala....sukur kalo bentuknya abis di gunting bisa mirip kaya andy lau....nah kalo jadi kaya dedy corbuzier gimana toh??? lhaa..
ok d...kesimpulan gw...iklan ini c ga salah cuman kurang kerja keras aja ni nguliknya...ciayou :)

 
At 3:02 PM, Blogger ekaPrasetya08 said...

Terima kasih buanget buat masukannya, memang idenya biasa dan kurang tergali.. dan tereksekusi kurang maksimal..

pengennya juga gitu. ada banyak gambar yang bisa buat iklan ini jadi serial, saya akan lebih giat berusaha...

soal idenya sebenernya udah lama banget dan agak curahan hati getoh! sory :) cuma baru sekarang aja kepikiran lagi untuk di cariin eksekusinya.. yah mungkin sekalian belajar :)

sekali lagi terima kasih banyak yah...

ekaPrasetya08

 
At 6:53 PM, Anonymous Anonymous said...

TA-nya sapa neh mas?
msy Indonesia? ato org bule?
menurutku, kalo iklan untuk org dlm negeri (alias wong Indonesia), lbh baik pake model org Indonesia jg. Kayaknya gak "ngena" deh kalo modelnya pake org barat tapi copynya pake bhs Indonesia gitchu...

wokeh?

 
At 2:22 AM, Blogger damisidharta said...

-pengennya juga gitu. ada banyak gambar yang bisa buat iklan ini jadi serial, saya akan lebih giat berusaha...-

maksudnya bukan lebih giat nyari gambar dari getty atau corbis ya... hehehe...

sebenernya gak masalah pake image dari imagebank asal konsepnya gak ilmu getuk (disambung-sambungin)... imagebank cuma diperbolehkan kalo cuma sebagai layout/sketsa kasar dari konsep yang udah ada... bukan nemu gambarnya dulu trus dicari pembenarannya... OK!!

Tetap Semangat!!

 
At 10:50 AM, Blogger ekaPrasetya08 said...

thanks buat masukannnya.. nanti deh kalo ada libur kantor .. gw bakal hunting foto benerannya di pedalaman indonesia.. kali yah.. biar iklan ini juga. jadi kenyataan .

kalo Ta ini bukan cuma iseng dan sambil belajar aja.. karya TAnya.. ehm.. entar saya kirim kesini juga deh.. buat proses pembelajaran lagi..

hidup adalah belajar...

thanks lagiii.. yah...

 
At 8:54 PM, Anonymous soe said...

lah si eka.

 
At 3:14 PM, Blogger siaudy said...

visualnya biasa aja...
copynya lebih biasa...

pesen lo sama sekali ga nyampe...
pertama kali gue liat, yang kepikiran cuman satu...

"elo mau ngomong apaan ?"
"gue sama sekali kaga ngarti.."

kenapa mesti potong rambut ?
mungkin elo dan ada belasan anak kecil lainnya yang mengalami trauma... so...

gue engga, dan gue yakin masi banyak juga yang sama sekali engga trauma karena digunting rambutnya ketika masih kecil !!!!

 
At 9:24 AM, Anonymous Anonymous said...

Best regards from NY!
» » »

 
At 1:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP Lyrics big big butts sir mix lot Commercial insurance motor vehicle Sunset awnings Finance mcse car company insurance Retractable awning new jersey Wedding invitations philippines Winnebago renault

 
At 3:21 AM, Blogger alam said...

asyik. cukup menyentuh. unik. headlinenya pun oke. cuman aq terganggu sama bodycopynya yg krg to the point n bertele2. kalimatnya mubazir banget. bodycopy sepanjang itu bisa disingkat. misalnya "Setiap anak yang dilahirkan memiliki hak untuk memilih masa depannya" bisa disingkat "memilih masa depan adalah hak anak", trus "Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing agar ia mencapai cita-citanya" bisa disingkat "orang tua cukup membimbing dan mengarahkannya" lebih nancep tanpa harus bertele2 kan?

 
At 8:42 PM, Anonymous Anonymous said...

http://markonzo.edu magic story very thanks ashley furniture [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536072]ashley furniture[/url], tcrhn, allegiant air [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536075]allegiant air[/url], wodihl, pressure washers [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536078]pressure washers[/url], folac, dishnetwork [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536080]dishnetwork[/url], 9193, adt security [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536076]adt security[/url], 76317,

 
At 4:32 AM, Anonymous Anonymous said...

http://lumerkoz.edu Punk not dead http://soundcloud.com/effexor martialed goalthe http://www.comicspace.com/aciphex/ graffitis conclusionon http://soundcloud.com/arimidex conceiving http://barborazychova.com/members/Buy-Plavix.aspx kawai http://barborazychova.com/members/Buy-Premarin.aspx audiences

 
At 8:14 AM, Blogger Ueen Q said...

20150528meiqing
jeremy scott adidas
coach outlet
michael kors handbags
michael kors outlet
michael kors
tory burch flats
hollister
jordan retro 3
coach outlet online
jordan 11
adidas wings
coach outlet store online
christian louboutin
gucci outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
discount christian louboutin
ray ban sunglasses
louis vuitton outlet
louis vuitton
louis vuitton outlet
jordan 11 infrared low
cheap oakley sunglasses
ray bans
oakley
abercrombie outlet
michael kors watches
true religion
coach factory outlet online
michael kors bag

 
At 8:46 AM, Blogger Shijun Lin said...

shijun 6.18
michael kors outlet
adidas running shoes
prada bags
coach outlet store online
tods sale
michael kors outlet
michael kors outlet online
louis vuitton
abercrombie
michael kors outlet
fake oakleys
mulberry bags
tory burch shoes
michael kors outlet online
jordan 6 retro
running warehouse
michael kors
christian louboutin outlet
jordan shoes
birkin bags
ray ban outlet
timberland outlet
fake watches
louis vuitton purses
louis vuitton handbags uk
michael kors
michael kors outlet
michael kors handbags
michael kors outlet
hollister kids
coach outlet
oakley glasses
official kate spade outlet online
louis vuitton handbags
prada uk outlet
marc jacobs
louis vuitton outlet
oakley sunglasses discount
michael kors outlet online
louboutin

 
At 8:29 AM, Blogger Lin Shijun said...

shijun 7.7
jordan 6 retro
soccer jerseys
abercrombie kids
hollister kids
michael kors purse
christian louboutin shoes
louis vuitton handbags
jordan 11 columbia
fake oakleys
louis vuitton purses
louis vuitton
longchamp outlet
michael kors outlet online
burberry sale
jordan 11s
hollister outlet
fitflop outlet
white timberland boots
coach outlet online
retro 11
michael kors handbags
tods sale
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
true religion sale
michael kors outlet
longchamp sale
louis vuitton handbags
chanel no 5
christian louboutin sale
air jordan 8
hollister outlet
coach factory outlet
ray ban sunglass
coach outlet store online
coco chanel
kate spade
pandora rings
oakley sunglasses
michael kors

 

Post a Comment

<< Home