PSA: Jantung Sehat
Ad: eBnu
Cw: eBnu
Hi perkenalkan ini eBnu, asal surabaya n lg kul di uk
petra jur dkv (2004).
numpang posting y? ini kerjaan bwat tgs DKV2 (ILM) n
ambil tema jantung sehat. bingung visualisasinya
gimana, edit foto susah...jd y pake freehand ajah.
mungkin gambarnya kurang jelas, ini traffic diliat dr
atas, jalannya macet penuh taxi.
body
copy:
"the one thing keeps you from going OUTSIDE
could be happening INSIDE"
monggo caciannya...
5 Comments:
^^ ini Tugas DKV sebelum corporate ya??asdosnya sapa??^^
Cuma mo tanya...
what to saynya apaan?
soalnya waktu liat ini gw rada bingung...
terus koq banyak banget taxi yang jalannya g beraturan,jadi keliatan jantungnya banyak penyakitnya ^^
Oh ya kasih masukan, misalnya kalo g ada tulisan PSA jantung sehat..Aq g bakal tau kalo itu PSA jantung sehat ^^
Oh ya, 1 hal yg penting dari PSA, bisa membuat org wah..dan berpikir sejenak..misal 'oh ya..ya..itu seperti aq' atau 'ternyata itu bahaya juga ya'..pokoknya bisa buat org merenung bentar walaupun belom bisa ngubah org itu ^^
hm..oh ya yg katamu bingung visualisasinya gimana, edit foto susah... Benernya kalo berkarya jangan takut duluan, koq da memvonis dirimu duluan g bisa..Dicoba aja, kan g ada salahnya ^^ Berani mencoba dech
OK.. jalanan khusus taksi diibaratkan pembuluh darah. Lalu? Apa?
oh..ico..icicic
mantan asdos gw ^^
yup anak petra jg ^^
Hmm... eBnu a.k.a Skinraid... PSA jantung Sehat lo ini persis banget sama tugas akhir gw.. Bedanya, kalo lo fokus sama masalah (penyumbatan pembuluh darah), kalo gw fokus sama solusi (olah raga biar sehat).
Mungkin punya lo ini tahap conditioning, mengkondisikan terget audience akan permasalahan bahwa kalau lo gak jaga kesehatan pembuluh darahlo bisa mampet. Sampai disini menurut gw ada beberapa masalah:
1. emang apa yg terjadi sama tubuh gw? gw knapa? kebiasaan gw yang mana yang salah? Pertanyaan-pertanyaan ini yg gak kejawab sama iklan lo...
2. ide visual lo menurut gw gak relevan. Kalo gw kena macet gw BT, tapi kalo pembuluh darah gw macet gw mati!! 2 hal ini yg menurut gw gak cocok di sambungin. Ditambah lagi lo bilang ini pembuluh darah tapi lo pake visual taksi, padahal taksi lo kuning sementara darah itu merah jendral!!
3. Copylo sama sekali gak membantu menerangkan visuallo yg udah terlanjur lari jauh, jadinya maknanya gak kekejar sama target audience lo. Buktinya si Anonymous di atas gak tau ini iklan apaan kalo gak gw kasih judul PSA Jantung sehat.. (Well, ada logo YJInya sih..).
4. Komunikasi itu ada 5 elemen utama: komunikator, komunikan, pesan, media, dan feedback. Nah sudahkan iklanlo punya itu semua? Apa pesannya udah kuat dan singleminded dan bisa dicerna? Trus lo mengharapkan target audiencelo melakukan apa setelah liat iklanlo(feedback)? Nah point terakhir ini yg kita semua sering lupa... Iklan harus didesain sedemikian rupa agar feedbacknya sesuai seperti apa yg kita mau.. Nah, lo mau audiencelo ngasih ngelakuin apa? Ini yg gak ada di iklan lo... Sekali lagi, kalau ini iklan conditioningnya, berarti lo harus bikin juga informingnya, biar komunikasilo gak setengah2...
"Orang bodoh memaki kegelapan. Orang pintar menyalakan lilin." Jadi, fokus sama solusi!
Bukannya sok ngajarin ya... Gw juga belajar banyak dari iklanlo kok... Hehehehe... Tetap semangat!!
I don't get it.
Nothing shows something, and the copy adds more confusion to the blur.
Here's a good line from an article:
"Communicate, not decorate!"
Mudah2an berguna.
Post a Comment
<< Home